BARR formation pada saham MAPI


saham MAPI awalnya membentuk 3 top, tapi false karena terjadi breakout akhir maret di 2800.
volume pada saat break lumayan meningkat walaupun tidak tajam, sehinga kita bisa meyakini validitasnya.
bila diukur secara klasik maka target breakout ini adalah 3600 (lihat chart)

kemudian bila ditarik garis trendline sejak tengah maret maka sepintas akan terlihat formasi bump and run, dimana sebulan pertama sd tengah april lalu adalah fase lead-in dengan slope sekitar 40 derajat, dilanjutkan dengan fase bump dengan slope lebih tinggi.

hanya saja pada saat terjadi fase bump, volume tidak meningkat signifikan sehingga kita meragukan apakah target bump (sekitar 2x higest fase lead-in ke trendlinenya) akan tercapai? kalau diukur yah hampir sama dengan target klasik di 3600. (lihat chart)

bila hal ini terjadi (target 3600 tercapai) biasanya di sekittar angka target akan terjadi reversal chart pattern seperti double top atau descending, setelah itu kemudian menembus garis trendline yang sudah terbentuk sejak fase lead-in, maka terjadilah fase run, harga akan terus meluncur kebawah mencari targetnya.

pada saat ini (2 Mei) indikator-indikator teknikal seperti MACD, RSI dan Stochastic  masih ada upside keatas bila ditarik garis horisontal ke akhir tahun lalu dimana terjadi puncaknya, sehingga masih ada ruang bila harga masih mau bergerak ke atas.
indikator tak sedap ada pada negatif divergen yang sudah mulai menampakkan dirinya  serta volume yang kurang meyakinkan pada saat terjadi bump di atas.

secara fundamental MAPI cukup bagus karena growth cukup konsisten kecuali tahun 2008 (saat terjadi krisis)
berdasar data anualize 2010
ROA 5,5%
ROE 13,7%
dengan hutang yang kecil saja DER hanya 0,6
PER 22x tetapi harusnya ini segera mengecil karena pada lap keu Q1-2011 yang baru release net profit MAPI meningkat 46% dan bila growth kuartalan nya konsisten maka ada kemungkinan PER akan dibawah 15% pada annualize 2011
PEG=1 (PER 22/Growth 22), angka 1 pada PEG termasuk bagus

MAPI ada di sektor consumer dengan bisnis lifestyle sebagai pemegang/lisensi merk-merk berkelas.
pada 2011 ini mapi berencana membuka 15 gerai sepatu lisensi amrik yaitu payless shoesource. 4 gerai merk stradivarius (spanyol), membuka gerai denim destination di senayan city, gerai fashion brand zara (spanyol). 5 gerai kidz station, dan lain-lain sehingga total akan mencapai 1000 gerai dari 870 gerai tahun lalu, karena itu MAPImenganggarkan capex 350 miliar dengan target pendapatan mencapai 5,7 triliun dibandiing 4,7 T tahun lalu

so kita lihat saja apakah MAPI akan menembus targetnya ke 3600 atau mentok di highest yg sudah tercapai minggu kemarin di 3350?
(double click to enlarge chart)

tag: saham, stock online trading, forex


terima kasih untuk FB Like di bawah ini
share

by : Julia HC