Cara mulai trading saham online


untuk yg baru mau mulai trading saham, berikut sedikit informasi cara mulai trading saham online nya:

dulu beli saham harus lewat broker, sekarang sudah bisa dilakukan sendiri dimana pun kita berada dengan online di PC bahkan di gadget. caranya

Cara mulai trading saham online
Cara mulai trading saham online
1. buat account di perusahaan sekuritas (ada mandiri sekuritas, BNI sekuritas, IPOT, Etrading, philips securities, danareksa dLL)

2. transfer dana ke account kita di sekuritas itu, kemudian


3. siapkan internet

4. masuk ke alamat web yg diberikan perusahaan sekuritas tadi (atau install software yg diberikan di PC atau di gadget berbasis : BB/symbian/android).

5. klik order buy.. untuk membeli, pilih nama saham, pilih harga, pilih jumalh lot (1 lot = 100 lembar, dulu 500 lembar)

6. saham yg sudah dibeli selain bisa kita lihat di web sekuritas juga tersimpan aman (dijamin) di KSEI dan bisa kita lihat secara online di website KSEI.

7. demikian juga bila kita ingin menjual tinggal klik order jual..

8. gain (keuntungan) yang kita dapat selain dari kenaikan harga saham juga dari deviden yang dibagikan, deviden akan langsung di transfer ke rekening kita di sekuritas dan bisa kita lihat secara online lalu-lintas dana dari history transaksi di web atau di aplikasi trading..

semudah klik-klik saja, yang susah adalah memilih saham apa yang harus dibeli dan timingnya, kapan saat tepat membeli dan kapan saat tepat mejualnya...

intinya adalah ikutlah dengan trend. Ketika trend sedang turun jangan beli saham. belilah ketika trend sedang naik. saham-saham first liner biasanya selalu searah dengan indeks IHSG, bila ihsg dalam trend turun sulit bagi saham first liner untuk naik walaupun kuartal itu laporan keuangannya sedang bagus.

Bagaimana menentukan trend? pertama bukalah chart mingguan, lihatlah apakah trendnya sedang naik? bila ya barulah buka chart harian/daily.  cari timing yang tepat untuk masuk, umumnya ketika memotong MA20 ke atas, atau tunggu koreksi minor, ketika saham sedang trend naik kadang suka ada koreksi kecil nah ketika menyentuh MA20 atau fibo 68% bisa dicoba untuk entry. persiapkan level stop loss atau cutloss bila ternyata saham tidak jadi naik malah turun ke bawah. umumnya trader stop loss di sekitar minus 3%. Demikian cara sederhana analisa saham, untuk lebih detailnya dapat kita gunakan beberpa indikator lainnya seperti  ADX, bollinger bands, stochastic, MACD , MFI, profitunity (alligator)  dan lain-lain.

Jangan lupa memperhatikan Fundamental saham tersebut. contoh bila laporan keuangan pada kuartal itu turun akan sulit bagi saham tersebut untuk naik dengan konsisten. Demikian juga bila harga minyak tidak uptrend maka harga saham energi seperti saham batubara juga akan sulit trending dengan konsisten. Memang banyak yang harus diperhatikan selain memperhatikan chart. tetapi bila anda memilih day trading
(short term trading) tentunya anda tidak perlu terlalu memperhatikan fundamental cukup dengan analisis teknikal (chartist). intinya belajar itu penting baik TA maupun FA, jangan trading tanpa pengetahuan cukup

tapi tenang aja banyak media untuk belajar saham, ada banyak tempat kursus singkat (1-3 hari), ada banyak buku, ada banyak web, blog, milis, forum tempat belajar..... ada yg gratis ada yg bayar...tinggal pintar-pintar seleksinya..

Cara mulai trading saham online, selamat belajar dan berinvestasi...
terima kasih untuk FB Like di bawah ini
share

by : Julia HC