Review Clodi


Informasi Lengkap popok kain cuci ulang, review clodi murah dan mahal jenis pocket dan cover baik lokal maupun import berbagai merek. Kita berharap bunda dapat memilih cloth diaper yang tetap buat buah hatinya.

Pertama yang harus diperhatikan adalah berat badan dan usia bayi. Umumnya bayi baru lahir baru mempunyai berat badan 3-4,5 Kg. Nah kalau kita pakai clodi all size yang bisa diatur ukuran S/M/L nya tentu akan terlalu kebesaran bagi bayi newborn atau baru lahir ini.

Review Clodi
review clodi

Untuk usia 1-2 buan ini lebih baik menggunakan clodi min atau petite ada beberap merk yang menyediakan clodi newborn ini diantaranya yang paling banyak dipakai adalah Enphi Mini, Cluebebe Coveria Petite, Lil G, sheizy newborn, Minikinizz Chisana.

Setelah bayi melewati berat badan 4,5 Kg, umumnya bayi berusia 4 bulan keatas maka akan lebih hemat untuk menggunakan clodi ukuran all size yang bisa diatur ukuran S/M/L nya.

Type Clodi

Untuk clodi ini ada 2 type yaitu

  1. pocket clodi
  2. cover clodi


pocket clodi akan menempatkan insert (lampin kain) ke dalam kantung, bahan pocket terbuat dari bahan suede
sedangkan pada clodi cover inser akan ditempel (dengan snap atau velcro) sehingga lapisan terakhir insert akan dilapis oleh kain suede.

Review Clodi murah

clodi murah

Clodi murah

review clodi


Insert Clodi
insert ada 2 jenis

  1. bahan microfiber
  2. bahan serat bambu


bahan microfibre akan menampung air ompol (kencing bayi) lebih banyak dibanding bahan serat bambu (bamboo fibre) , tetapi bahan bambu lebih tipis sehingga lebih baik buat bayi newborn, sedangkan bahan microfibre itu seperti handuk tetapi lebih halus dan lebih menyerap air.

Harga Clodi
Yang harus diperhatikan adalah bahan cloth diaper itu sendiri , yang standar adalah sebagai berikut
bahan luar (outer) : kain PUL (polyester laminated) anti air sehingga tidak akan basah ke luar
bahan dalam (inner) : kain suede dengan sifat stay dry sehingga air ompol akan diteruskan ke insert dibawah nya, karenanya kain suede yang langsung bersentuhan dengan kulti bayi akan tetap kering.
bahan insert : seperti dijelaskan diatas ada 2 jenis yaitu microfibre dan bamboo. standar insert microfibre terdiri dari 3 lapis dan bahan serat bambu juga 3 lapis tapi tiap popok akan disertakan 2 insert sehingga total 6 lapis serat bambo.

Nah untuk clodi dengan bahan standar tersebut maka harga termurah adalah Rp 50.00 - Rp 65.000, untuk harga dibawah tersebut maka anda harus perhatikan jenis bahannya, jangan sampai bahan yang panas akan membuat bayi terkena ruam dan kulitnya merah-merah

Clodi lokal umumnya mencapai harga Rp 100.000 an sementara clodi import akan berkisar dari Rp 150.000 - 300.000.

Cat. Setelah membandingkan beberapa brand, untuk saat ini clodi termurah dengan bahan clodi yang baik (kain suede, PUL dan insert microfiber) adalah merk Bebibum dengan harga Rp 57.000, review lengkapnya silahkan lihat di clodi murah bebibum

beberapa merk clodi lokal baik yang jenis pocket maupun cover adalah sbb :
Bebibum clodi cover
Eco G
Enfiesta
Enphilia
Pempem
GG original
Cluebebe
Minikinizz
Minikinizz Le Flat
Pokado
GG Tutu
pokado
Sobi Eco
Sheizy Cover
Minikinizz Dome

Video "review clodi" atau cloth diaper

sedangkan clodi import antara lain dengan brand sbb :
Bumgenius
coolababy
paradise baby
moo moo kow
green navy
qq baby
sgbum
Babyland
Mikiwili
NVME
Sobi Premium
Sobi Minky



Update info : cara memakai clodi, cara mencuci clodi, supaya clodi tidak bocor, review clodi murah berbagai merek lokal dan import
terima kasih untuk FB Like di bawah ini
share

by : Julia HC