saham GDST akan mengulang lagi kebiasaannya?


GDST hari ini break out range sidewaysnya yang telah dicoba 3 kali di 160 an , tapi closing cukup jauh 10,4% di 171 dan cukup jauh diatas upper bolband.
biasnya setelah kenaikan tinggi GDST besoknya akan merah cukup dalam, sudah kejadian beberapa kali, hanya saja bedanya kali ini GDST diangkat di akhir sesi, biasanya diangkat di awal sesi lalu bertahan sampai closing baru besoknya dibawa turun dalam. (lihat perbedaan intraday chart hari ini dan tgl 3 mei di bawah)
selain itu kali ini indikator juga masih jauh dari overbought

secara fundamental per masih kecil 8 dan ROA ROE bagus 16 dan 26 hanya kita tidak tahu history growth nya karena GDST baru ada 2 lap annualize, tahun 2009 yang minus dan thn 2010 ini lap keu nya bagus.

kita lihat saja apakah kali ini gdst akan melanjutkan kenaikan atau mengulang sejarah lagi langsung dibawa merah dalam keesokan harinya?


GDST daily chart




berita hari ini: HRUM ada private placement


Kiki bakrie melepas 10 % sahamnya di HRUM diharga 9050 atau sekitar 5% discount dari harga penutupan jumat
Jaya agra wattie (JAWA) hari ini listing IPO
OKAS membatalkan rencana right issue

INDF deviden 133
ICBP deviden 116
SCMA deviden total 285 (interim 60)

.


ADMG target net profit naik 800%


ADMG is manufacture company for nylon cords, polyester chips, engineering plastics and resins, ethylene glycol and polyester staple, expects its net profit to increase by 804% this year to IDR 339 B

mirip inco kenaikan net profit diharapkan dari selesainya pembangunan pembangkit listrik. jadi kenaikan net profit sangat bagus karena dari efisiensi,  kalau incoPLTA selesai  bulan agustus kalau ADMG bulan juli. hanya saja INCO ada rencana furnace rebuild yang akan memaksa produksi terhenti belasan hari (mengurangi revenue tahun ini) juga inco dipengaruhi oleh harga nikel dunia.




Rilis data ekonomi pada 1 juni


data yang akan dirilis adalah inflasi bulan mei dan data perdagangan bulan april


Inflation (May 2011):
YoY: previous month -0.31%, consensus 0.09%
MoM: previous month -6.16%, consensus 5.94%
Core inflation: previous month 4.62%, consensus 4.70%

Trade data (April 2011):
April 11 exports YoY: previous month +27.5%, consensus +29.5%
April 11 imports YoY: : previous month +32%, consensus +29.3%
April 11 trade balance: previous month US$1.8bn, consensus US$1.39bn.





beberapa saham menarik PGAS, CTRS, MICE dll


meskipun senin besok dibayangi indeks tidak kondusif karena exdate ASII sebesar 1130 (sekitar 2 %), karena umumnya bisa exdate maka saham akan dibawa turun, dan bila ASII turun cukup besar maka indeks akan terpengaruh banyak. tapi dengan membaiknya regional termasuk dowjones maka ada beberapa saham yang cukup menarik baik di bigcap maupun non bigcap . antara lain : (seperti biasa siapkan stop loss dan disclaimer on)

1. PGAS
PGAS setelah kenaikan 600 point PGAS lalu koreksi ke lower band sekaligus fibo 50%, setelah itu terlihat mulai reversal dengan candle hijau 4 hari dan indikator-indikator yang mulai reversal, dan trade done terakhir juga cantik karena net buy lebih mendominasi daripada netsell

2. saham PTBA hampir sama pola harga dan indikatornya dengan PGAS ,kecuali trade done yang belum didominasi oleh netbuy

3. saham INCO sudah 4 kali menguji titik cupport 4800 dalam 2 bulan ini sehingga dapat dikatakan support ini cukup bagus, bagi yang suka membeli di harga support cukup nyaman untuk entry di inco karena indikator sudah mulai terlihat reversal, dan kabar terbak dari inco adalah akan mulai beroperasinya PLTA pada bulan agustus 2011 sehingga akan membuat operating cost inco turun drastis akibatnya lapuran keuangan setelah itu diprediksi akan mengkilap. (padahal sekarang aja fundamental inco sudah mengkilap) hanya harga nikel dunia saja yang belum terlihat reversal.

4. MICE saham
saham ini akan bagi deviden 24 persaham atau sekitar 5% dari harga saat ini, dan saat ini tertahan di resist 440 setelah break titik 370. indikator belum overbought berat sehinggga masih ada ruang bila bd masi akan mengangkat harga,

rasio keuangan ROA ROE lumayan, rasio utang kecil, PER 8,6 bagus hanya saja pertumbuhan stagnan , sehingga walaupun PER cuma 8 tapi PEG nya jadi besar (lebih dari 1) untuk investor saham begini tidak begitu menarik tapi untuk trader melihat deviden dan chart lumayan menarik



5. saham BHIT , indikator sudah naik dan masih dbawah overbought area jadi masih leluasa untuk kenaikan, kalau break 180 ada resist lagi di 187 dan 197, kalau ini lewat siap-siap ganti fraksi harga mnulai dari 200,


6. saham CTRS

7. saham SMRA
SMRA, terlihat mulai ada signal awal, indikator sudah cross over dan mulai kelua dari area oversold, serta fibo pas di 62%, kalau benar SMRA mantul disini maka chart akan cantik karena akan membentuk cup n handle


8. saham SCMA
9. GJTL , ada kesempatan trading untuk  hourly chart, karena terlihat mulai ada signal awal reversal sehubungan dengan indikator yang telah oversold (hourly) dan berbarengan dengan fibo 62%

nanti dilanjut nulisnya , istirahat dulu :)
seperti biasa, stop loss dan disclaimer on

EKAD akan bagi saham bonus


29 Mei 2011
Sebelumnya 2 kali saham EKAD gagal breakout, yang pertama volume sudah besar tapi harga turun jauh sehingga membentuk ekor candle yang panjang, lalu mencoba lagi breakout tapi gagal lagi karena volume kurang, nah yang ketiga ini akhirnya bisa close di atas harga ATH dan volume juga besar dengan trade done lumayan. nah apakah akan langsung ditarik? atau mau digoyang-goyang lagi? maklum kapitalisasi tidak besar, bandar tidak sulit memainkan/menggambar chart.

secara fundamental ekad cukup bagus ROA ROE cukup besar 12 dan 23
utang juga kecil
PER kecil = 6
growth tiap tahun lumayan sehingga PEG bagus sekali jauh dibawah 1

EKAD berencana akan membagikan saham bonus dengan rasio 4:1




AKRA lagi


kembali kita bahas saham AKRA, setelah beberapa hari lalu kita juga bahas akra yang akhirnya hari jumat kemarin breakpeak, 1710. sejak lepas dari konolidasi pertengahan april akra naik dari 1450 ke 1710 boleh lah kita sebut ini wave 1, kemudian koreksi (wave2) ke fibo 50% di 1600 , kemudian akra naik lagi dengan volume besar tgl 18 mei untuk membentuk wave 3, sayang regional mulai koreksi dan AKRA terseret koreksi terbatas dengan volume kecil, nah begitu regional hijau kembali maka AKRA termasuk saham yang terlebih dulu naik (di beberapa posting sebelumnya kita sudah bahas bahwa kalau regional mulai hijau/reversal maka saham yang naik duluan kemngkinan besar adalah saham yang sebelumnya memang sedang trending hanya ikut koreksi karena terseret oleh regional) dan akhirnya akra hari jumat brekpeak dengan volume dan trade done yang bagus.

saat ini akra sudah menembus upper bolband dan sebentar lagi ada resistant ATH di 1820, kita lihat apakah AKRA akan dibawa koreksi dulu atau langsung melanjutkan kenaikan break ATH untuk menyelesaikan wave 3 nya, kalau ini benar wave 3 maka target standar wave 3 adalah 1,6 kali panjang wave1, dimana panjang wave 1 adalah 250 point. berarti panjang wave 3 = 400 point, dan kalau starting wave 3 di 1600 maka target sekitar 2000 an, btw, itu semua cuma hitung-hitungan diatas monitor saja kalau asumsi-asumsinya benar, tetapi akhirnya pergerakan harga akan kembali ke market terutama pemain-pemain besar di saham akra.

secara fundamental AKRA cukup bagus walau pada 2009 ke 2010 nyaris tidak ada pertumbuhan, PER beberapa tahun terkahir sekitar 15-20 tetapi karena awal tahun 2011 ini mendivestasi sobi maka per AKRA langsung  membaik ke dibawah 5.

sekarang akra punya bisnis baru yang lagi trend yaitu batu bara, dan mulai bulan depan tambang nya di barito kalimantan sudah mulai beroperasi dengan target tahun ini 300rb ton, akra juga punya bisnis baru sebagai pembangun dan pengelola  jalan tambang batubara (hauling roads) di kalteng.

seperti biasa selalu menyiapkan rencana stop loss dan trailing stop bagi yang sudah punya dari bawah, apalagi senin ada exdate asii, dimana biasanya hari exdate selalu dibawa turun, dan kalau asii merah maka indeks juga kemungkinan terbawa merah. disclaimer on



.

saham INDY keluar sideways?


setelah melewati masa sideways yg panjang akhhirnya indy kemarin closing mampu break dari resist sideways, volume membesar walaupun tidak meledak. apakah indy akan terus berada di luar kotak sidewaysnya , ataukan akan ditarik lagi ke bawah ke kotak sideways?

kalau benar lepas dari sideways maka resistant berikutnya cukup jauh di 5500, di bawah area itu relatif tidak ada resistance kuat.

dari fundamental saham insy cukup baik kecuali PER yg 29, tapi kalau EPS tahun 2011 ini meningkat karena corporate action yg dilakukan indy maka PER bisa turun, corporate action indy adalah : indy akan melepas 30% saham PTRO pada bulan juli-agustus tahun ini, sebelumnya indy baru saja akuisisi MBSS 51%,  indy juga berencana menerbitkan saham baru (tanpa HMETD) maksimal  10% dari total disetor perseroan .

semalam crude oil MACD nya golden cross, begitu juga MACD dowjones coal (DJUSCL) golden cross dan downtrend sudah patah serta closing dengan breakpeak.

kita lihat bagaimana gerakan indy selepas break kemarin dikaitkan dengan CA yang akan digelar indy, dan harga oil, djuscl dan coal yang semalam cukup oke.






.

beberapa saham menarik


dua hari lalu waktu posting artikel mencari support ihsg, kita sempet rekomend ENRG dan DEWA, besoknya naik lumayan 6%  dan 8% DR sempet ada buang barang banyak tapi setelah DR selesai buang harga naik lagi sampai closing, candle daily cukup bagus karena engulfing, yang sudah beli dari kemarin bisa tenang, tapi kalau yang baru mau beli memang spekulasinya jadi lebih tinggi, lebih tegang :)

AKRA  setela koreksi ke fibo50% kemudian naik dengan ccukup kuat tapi kemudian gagal breap peak karena regional memerah, akra ikut terseret koreksi walau tidak terlalu dalam, dan volume saat terseret mengecil, trade done kemarin net buy sedikit lebih unggul

CMNP yang naik kuat setelah lepas dari masa sideways panjang bahkan sampai break resist 1250an  juga akhrinya terseret index regional yang memerah, kemudian ikut melemah dengan volume mengecil dan masih  tertahan level 1250an yang dibreak 2 hari sebelumnya, candle juga masih menempel di bibir bolband, trade done kemarin cukup imbang antara yang jual dan beli.

MICE yang cukup ramai diperbincangkan, chart teknikal memang menarik, tapi ada yang sedikit kurang meyakinkan dari candle minggu kemarin yang doji dengan volum tinggi, dan trade done kemarin juga kurang meyakinkan, karena ada netsell cukup besar dgn average di harga dekat closing, tapi kita lihat aja hari ini gimana gerakannya apakah akan terus ditarik? atau di gocek?

seperti biasa disclaimer on yah terutama kalau index merah hehe









saatnya jual atau belanja?


melihat hari ini index regional yang cenderung flat, maka ada kemungkinan area support ihsg sekitar 3780 bisa bertahan, dow sendiri tertahan di MA50 dan tertahan oleh lower bolband, bulan lalu juga  koreksi dow mental di MA50. dan bolband (lihat chart)
USD memang menguat tapi masih ada resistant kuat yaitu downtrend line, di area 77, (lihat di chart weekly usd index di bawah)

untuk IHSG, big cap seperti ASII dan BBCA tertahan di support, (lihat chart) bahkan asii akan ada deviden 1130 , cumdatenya cuman 3 hari lagi, akan sayang rasanya orang yg punya asii untuk jualan sekarang kecuali tiba-tiba ada berita besar keluar yang memaksa orang tidak berpikir lagi tentang deviden didepan mata.

karena itu saya kira IHSG masih akan tetap bertahan di support dan karena itu menurut saya untuk saham-saham secondliner yang beberapa hari lalu sedang naik, lalu kenaikannya tertahan oleh koreksi regional ini, maka ada kesempatan buy untuk trading, dan bila suasana regional membaik kemungkinan saham2 ini akan duluan berangkat, tentunya membeli di support seperti sekarang ini risknya lebih kecil. karena bila regional besok memburuk level CL nya tidak terlalu jauh, tapi bila regional besok lusa membaik maka upside menjadi lebar dan gurih :)
disclaimer .








mencari support ihsg


pagi ini ihsg turun cukup tajam, beberapa saham turun dengan volum beberapa saham turun tanpa volume tinggi. sempet tertahan di support intraday 3820 tapi tembus juga mengikuti regional yang merah berat, dan kita sedang menunggu apakah akan kembali menguji support kuatnya di 3780?

3780 ini adalah level highest yang di break bulan lalu, kemudian beberapa kali diuji sebagai support.
kalau melihat hourly chart kayaknya indikator cukup bagus kalau mental di 3780.
dan bila ihsg valid mental di 3780 kita kembali fokus ke saham2 yang kita bidik

cat. sampai closing sesi 1 beberapa saham bakrie spt enrg dan dewa sedang ada di sekitar support, tapi support ini tidak begitu kuat, resiko tinggi, tapi bagus untuk latihan mengasah insting trading jangka pendek  hehe :)

double click untuk memperbesar gambar




Ulasan saham JSMR dan CMNP


Bila dibandingkan dengan saham ASII dan banking yang sejak reversal di awal januari sudah mengalami kenaikan diatas 30% maka saham infra seperti JSMR dan saham CMNP baru mengalami sedikit kenaikan, jsmr baru 12% dan cmnp baru 6%, sehingga masih terbuka upside yang lebar bila market kondusif

secara fundamental kedua saham ini cukup baik, berdasar data anualize
cmnp memiliki per 9 
dengan ROA dan ROE yang baik diatas 10 dan hutang yang kecil dengan DER jauh dibawah 1
sayang pertumbuhan CMNP tidak stabil, kadang naik kadang turun, tapi anualize terakhir pertumbuhan sangat tinggi dari EPS 35 ke 150 sekitar 328%
yang menarik dari CMNP adalah bahwa Harry Tanoe dikabarkan telah melepas 12% sahamnya dengan harga 2100 padahal harga sekarang masih 1280, dan tahun lalu saja tertinggi 1700, bisa dibayangkan dengan PER yang cuman 9 ini maka ada harapan upside yang cukup lebar, karena yang beli blok-blokan aja masih mau beli di harga premium,  mudah2an tidak digocek bandar :) yah kalo dibawa turun tinggal jual aja gampang kalo trader hehe.

JSMR mempunyai pertumbuhan yang lebih stabil karena itu dihargai dengan per lebih tinggi yaitu 19
ROA ROE cukup bagus tapi rasio hutang agak besar dengan DER diatas 1
umumnya investor suka dengan perusahaan yang pertumbuhannya stabil
tahun 2011 ini jasa marga akan membangun 47 km jalan tol dengan anggaran 600miliar
akuisisi tol waru dan membeli saham xilin untuk tol pandaan gempol, 

secara teknikal kedua saham ini telah lepas dari downtrendnya dan mantul masing-masing cmnp di fibo 38% , JSMR di fibo 62%, MACD weekly kedua saham ini juga baru saja golden cross, diharapkan kenaikan macd dengan kenaikan harga akan membentuk stochastic yang membuat ripple di area overbought, tapi kalau ternyata stocastik tidak bertahan dengan ripple malah turun meluncur ke bawah maka kita bisa jual dulu ke dua saham ini , 
dan tentu kita selalu menyiapkan exit planning dan tentu juga disclaimer mode = on .

double klik untuk memperbesar gambar




.

Ulasan saham DILD


Setelah kita melihat tanda-tanda awal Dowjones melemah, dan setelah blue chip  (terutama banking plus astra) dan bakrie main di bursa saham indonesia, giliran saham apa yang akan dimainkan? maka kemungkinan besar adalah second liner yang akan main, ada kemungkinan juga saham komoditi, karena komoditi relatif belum main banyak dibanding banking/astra/bakrie .di second liner salah satu yang menarik adalah saham DILD,

kalau kita melihat chart weekly selepas pola double top di awal 2010 maka saham dild terus meluncur mencari target penurunannya dan ketemu di level 300an. secara klasik ini adalah target dari 700-200 ketika tembus support , lalu min 200 lagi. level 300 juga adalah level fibonacci retracement 38%. ,, bertepatan dengan itu kita melihat ada MACD weekly golden cross dan cross MA20 yang merupakan salah satu tool untuk weekly chart. (lihat chart)

Kalau kita melihat volume dengan tool frequency analisernya pak DE, kelihatan juga sudah ada peningkatan order yang menandakan signal-signal awal reversal. (lihat chart)

Secara fundamental saham DILD termasuk cukup bagus, karena  berdasar data annualize terakhir ROA 8%, ROE 10% termasuk lumayan
hutang juga kecil,  DER cuma 0,07 (jauh dibawah 1)
revenue dari tahun-ke tahun selalu tumbuh bahkan ketika krisis 2008 tetap tumbuh revenue nya
PER hanya 11, sangat bagus dibanding sejawatnya seperti BSDE 40, LPKR 22,  CTRA 20 , jadi secara PER saham DILD termasuk murah disektor property
PEG juga bagus karena jauh dibawah 1

Rencana positif DILD  untuk 2011 adalah 4 proyek senilai 2,6 triliun yaitu tahap 2 apartemen ipark resident, cluster bestari, graha natura surabaya, mix use di simatupang,
selain itu juga pembangunan whiz hotel ke 4 di pekanbaru

Akhirnya kita melihat IHSG dan regional juga, dowjones tampai mulai melemah dengan divcergen yang sudah terlihat, IHSG juga cenderung terlihat mulai melambat, apabila bandar  penarik DILD melihat ini adalah kesempatan contrarian untuk menarik DILD maka ini adalah saat tepat entry , dan seperti biasa siapkan selalu palnning cut loss dan disclaimer selalu on :)
http://bedahsaham.blogspot.com/2011/05/ulasan-saham-dild.html



ANTM menarik ulasan saham


setelah 2 minggu ini B7 group joget-joget di bursa saham indonesia kita, akhirnya B7 mulai memasuki fase overbought, sambil menunggu B7 mulai koreksi, kita siapkan saham-saham lain yang sedang di posisi support, ada beberapa saham yang sedang di posisi support diantaranya adalah ANTM, mari kita ulas saham ANTM secara bersahaja,

saham ANTM sudah 4 hari flat di 2200 dengan candle nyaris doji semua, indikator sudah oversold, dan ada spike volume 4 hari lalu setelah koreksi cukup panjang hampir sebulan, biasanya itu adalah salah satu tanda akhir koreksi, ditandai dengan volume yang terus menyusust setelah spike tersebut. dan posisi harga juga ada disekitar fibo 38% (lihat chart)

pada weekly chart terlihat pola double bottom dan divergen positif dengan indikator yang menandakan signal reversal. dengan sekian banyak tanda-tanda awal reversal mudah-mudahan koreksi benar-benar segera selesai dan dilanjutkan dengan kenaikan. karena sektor mining juga masih dalam posisi uptrend (lihat chart)

secara fundamental antm tidak diragukan lagi, ROA ROE yang tinggi (14 dan 18%), utang yang sangat-sangat kecil (DER 0,08), PER yang rendah dan PEG yang bagus sekali jauh dibawah 1 (anualize terakhir PER=12 / growth=179% ).

release terakhir ,laporan Q1 2011 net profit naik 71% menjadi 346B dibanding 201B di Q1-2010

ANTM diuntungkan dengan harga emas yang naik terus dan harga nikel yang sekarang sedang disupport, kalau posisi sedang di support biasanya akan naik. lihat chart harga nikel di sini

informasi positif untuk antm di 2011 ini :
- pembangunan smelter nikel di halmahera , join dengan eramet (prancis) senilai 5B USD
- pembangunan pabrik pengolahan CGA di tayan kalbar dengan kontribusi pendapatan 200juta USD/tahun
- bulan agustus 2011 ini pabrik ironmaking di kalsel (kerjasama dengan KS) mulai berproduksi dengan kapasitas 315ribu ton pertahun.
- untuk produksi emas tahun 2011 ditargetkan naik menjadi 3804ton dibanding 278o ton tahun lalu disumbang dari tambang pongkor 2007 ton dan cibaliung 1797 ton







UNTR jadwal right issue dan deviden


Saham UNTR hari ini tanggal 9 mei 2011 cum right issue, harga right issue (RI) adalah 15.050.

Untuk RI ini UNTR menghadirkan RAsio 33:4, listing right tgl 16 mei dan maturity nya (waktu terakhir penebusan) tgl 30 Mei, langsung tanggal 31 Mei dapat deviden 270 bener-bener padet nih corporate actionnya,



IPO saham Buana Listya Tama, rencana listing 23 mei


LAgi ada IPO, PT Buana Listya Tama Tbk akan menyebarkan sahamnya dengan harga saham perdana Rp105-Rp175 per saham.

sebagaimana dikatakan Direktur PT Danatama Makmur Vicky Gandasaputra, Kamis (14/4).

kemudian Vicky mengatakan bahwa pihaknya akan menawarkan saham sebanyak-banyaknya kepada calon investor. Perusahaan akan elakukan road show ke luar negeri dari 18 April hingga 3 Mei .

Adapaun price earning ration harga penawaran sebesar 6,5x-10,69x dan EP ebitda sebesar 3,4x-5,8x.

Dana hasil IPO ini akan digunakan untuk kepentingan perusahaan dalam pengembangan usaha ke depan sebesar 52,1%, sekitar 9,2% akan dipergunakan untuk modal kerja oleh perseroan dan anak perusahaan dan sekitar 38,7% akan digunakan untuk membayar seluruh utang kepada pemegang saham.



IPO Jaya Agra Wattie, listing 30 Mei


JAdwal ipo selanjutnya di BEI adalah Jaya Agra Wattie yang mengajukan harga penawaran umum saham perdana di kisaran Rp480-Rp670 per saham.

PErusahaan akan melepas 1,13 miliar lembar saham ini adalah sekitar 30% melalui penawaran umum saham perdana. ADapaun penggunaan dana hasil IPO adalah untuk penanaman karet, kelapa sait, dan pembangunan pabrik serta fasilitas lainnya 90%. Sedangkan sisanya akan digunakan pleh perusahaan unutk memperoleh lahan baru, modal kerja perseroan, perluasan sewa kantor, belanja modal dan pembelian komputer dan kendaraan.





Saham Bumi weekly chart breakout?


kalo kita lihat  weekly chart untuk saham bumi, akan terlihat breakout di 3475
volume daily hari ini terlihat cukup besar
value setengah hari aja sudah 542B
tapi DH masih jadi top seller dan lebih besar dari buyer ML
indeks hari ini merah , dan biasanya bumi contrarian terhadap IHSG, bila IHSG koreksi maka giliran saham bumi yang jalan...
apakah bumi akan benar-benar breakout? kita lihat sampe closing nanti sore dan hari-hari berikutnya

double click to enlarge chart


BARR formation pada saham MAPI


saham MAPI awalnya membentuk 3 top, tapi false karena terjadi breakout akhir maret di 2800.
volume pada saat break lumayan meningkat walaupun tidak tajam, sehinga kita bisa meyakini validitasnya.
bila diukur secara klasik maka target breakout ini adalah 3600 (lihat chart)

kemudian bila ditarik garis trendline sejak tengah maret maka sepintas akan terlihat formasi bump and run, dimana sebulan pertama sd tengah april lalu adalah fase lead-in dengan slope sekitar 40 derajat, dilanjutkan dengan fase bump dengan slope lebih tinggi.

hanya saja pada saat terjadi fase bump, volume tidak meningkat signifikan sehingga kita meragukan apakah target bump (sekitar 2x higest fase lead-in ke trendlinenya) akan tercapai? kalau diukur yah hampir sama dengan target klasik di 3600. (lihat chart)

bila hal ini terjadi (target 3600 tercapai) biasanya di sekittar angka target akan terjadi reversal chart pattern seperti double top atau descending, setelah itu kemudian menembus garis trendline yang sudah terbentuk sejak fase lead-in, maka terjadilah fase run, harga akan terus meluncur kebawah mencari targetnya.

pada saat ini (2 Mei) indikator-indikator teknikal seperti MACD, RSI dan Stochastic  masih ada upside keatas bila ditarik garis horisontal ke akhir tahun lalu dimana terjadi puncaknya, sehingga masih ada ruang bila harga masih mau bergerak ke atas.
indikator tak sedap ada pada negatif divergen yang sudah mulai menampakkan dirinya  serta volume yang kurang meyakinkan pada saat terjadi bump di atas.

secara fundamental MAPI cukup bagus karena growth cukup konsisten kecuali tahun 2008 (saat terjadi krisis)
berdasar data anualize 2010
ROA 5,5%
ROE 13,7%
dengan hutang yang kecil saja DER hanya 0,6
PER 22x tetapi harusnya ini segera mengecil karena pada lap keu Q1-2011 yang baru release net profit MAPI meningkat 46% dan bila growth kuartalan nya konsisten maka ada kemungkinan PER akan dibawah 15% pada annualize 2011
PEG=1 (PER 22/Growth 22), angka 1 pada PEG termasuk bagus

MAPI ada di sektor consumer dengan bisnis lifestyle sebagai pemegang/lisensi merk-merk berkelas.
pada 2011 ini mapi berencana membuka 15 gerai sepatu lisensi amrik yaitu payless shoesource. 4 gerai merk stradivarius (spanyol), membuka gerai denim destination di senayan city, gerai fashion brand zara (spanyol). 5 gerai kidz station, dan lain-lain sehingga total akan mencapai 1000 gerai dari 870 gerai tahun lalu, karena itu MAPImenganggarkan capex 350 miliar dengan target pendapatan mencapai 5,7 triliun dibandiing 4,7 T tahun lalu

so kita lihat saja apakah MAPI akan menembus targetnya ke 3600 atau mentok di highest yg sudah tercapai minggu kemarin di 3350?
(double click to enlarge chart)

tag: saham, stock online trading, forex



Q1-2011 result saham TMAS laba bersih 19,6 M


Akhirnya pada kuartal ini PT Pelayaran Tempuran Emas Tbk (TMAS) membukukan laba bersih mencapai Rp19 M

Pendapatan peruhsaan ini mencapai Rp253,1 M dari Rp252,4 miliar pada kuartal tahn lalu . Dengan beban sebnayak Rp196 M maka maka laba kotor sebesar Rp56,6 M

Sedangkan profit peruhsaan pada Q1 2011 ini adalah sebanyak Rp42 M.





Chart nikel timah dan cpo, price chart



Nickel price chart daily                           Nickel price chart weekly

nickle price chart harga nikel perhari         nickle price chart harga nikel perminggu


Tin chart daily                    Tin price chart weekly
tin price chart harga timah perhari         tin price chart harga timah perminggu


CPO chart
cpo price chart harga cpo


Q1-2011 result saham ASII naik 43%


PAda Q1 tahun ini ASII membukukan net profit Rp4,303 T ng besar yaitu 43% dari Rp3,014 triliun pada Q yang sama tahun sebelumnya

Revenue bersih perusahaan mencapai Rp38,693 T atau growth 30% dibandingkan Rp29,688 triliunsedangkan Laba usaha naik 34%, dari Rp3,247 triliun tahun lalu menjadi Rp4,340 triliun, pada tahun ini

Kondisi perekonomian Indonesia yang baik adalah faktor penentu keberhasilan inidiantaranya adalah inflasi yang relatif stabil, meningkatnya harga komoditas dan kemudahan pembiayaan konsumen dengan suku bunga yang menarik.



Q1-2011 result saham ICBP naik 22%


ICBP pada Q1 tahun ini akhirnya mendapat penjualan bersih sebesar Rp4,71 triliun , hal ini naik 8,6% dari Rp4,34 triliun pada kuartal 1-2010.

Kenaikan sales ini karena pertumbuhan volume serta price dari average yang lebih tinggi. Divisi Mi Instan dan Dairy menyumbang kontribusi yang banyak terhadap penjualan bersih konsolidasi, yaitu sekitar 88%

Adapun 3 divisi lainnya, yaitu penyedap makanan, makanan ringan serta nutrisi dan makanan khusus memberikan sumbangan kepada peruhsaan sekitar 12% atau naik 11%



Q1-2011 result saham TBIG naik 36%


Akhirnya PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) berhasil menorehkan laba bersih naik 35,76% menjadi Rp326,72 miliar pada 2010 dicompare periode sama sebelumnya Rp240,65 miliar.

Pendapatan perusahaan naik menjadi Rp671,36 miliar atau naik 96,66% pada 2010 dicompare periode sama sebelumnya Rp341,37 M. keuntungan kotor naik 92,35% dari Rp297,96 miliar pada 2009 menjadi Rp573,16 miliar pada 2010. keuntungan dari operasi naik 95,5% menjadi Rp486,28 miliar pada 2010 dari periode sama sebelumnya Rp248,70 miliar. Demikian seperti disebutkan dari laporan keuangan yang diterbitkan Kamis (24/3).

Laba bersih per stock dasar menjadi 83,8 pada 2010 dari siklus sama sebelumnua 89,1. Aset perseroan naik menjadi Rp5,17 triliun pada 2010 dicompare periode sama sebelumnya Rp1,86 triliun. Kas perseroan naik menjadi Rp1,04 triliun pada 2010 dibandingkan periode sama sebelumnya Rp48,44 miliar.

by : Julia HC